Rabu, 28 November 2012

Unsur-Unsur Musik

       Halo para peselancar dunia maya, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Unsur-Unsur yang ada dalam Seni Musik. Unsur-unsur seni musik ada 8, yaitu: Melodi, Irama, Birama, Harmoni, Tangga Nada, Tempo, Dinamik, dan Timbre.

1. Melodi
Melodi adalah tinggi rendahnya nada yang disusun dalam suatu frase. Untuk memainkan alat-alat melodi dapat digunakan alat-alat perkusi. Melodi bias disebut sebagai daya tarik musik. Melodi dapat dipelajari dengan mendengar, meragakan, dan berkreativitas.

2. Irama
Irama adalah panjang pendeknya nada yang ada dalam musik. Irama memberikan ketukan dalam musik. Pada lagu-lagu daerah di Indonesia sifat irama sangat sederhana, namun memiliki pola irama yang khas. Ada yang dinyanyikan tanpa iringan, ada pula yang dinyanyikan dengan iringan.

3. Birama
Birama adalah ketukan dalam musik, biasanya tanda birama ditulis dengan angka pecahan. Contohnya: 2/4, 3/4, 6/8 dan seterusnya.
2/4 berarti Angka 2 (pembilang) menunjukan jumlah ketukan dalam satu birama, angka 4(penyebut) menunjukkan nilai nada, satu ketukan. Dapat pula diartikan pada satu ruas birama terdapat dua ketuk tiap satu ketuk harga not seperempat.

4. Harmoni
Harmoni didasarkan pada paduan nada, yakni sekumpulan nada yang kedengarannya enak bila bersama-sama.

5. Tangga Nada
Tangga nada, yaitu deretan nada yang disusun secara berjenjang. Tangga nada dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

A.  Tangga nada Diatonis, yaitu tangga nada yang menggunakan tujuh buah nada dengan dua macam jarak yaitu ½ dan 1.
B.  Tangga nada pentatonis, yaitu tangga nada yang menggunakan lima buah nada dengan jarak menurut aturan- aturan tertentu. Berdasarkan nadanya, tangga nada pentatonis dibagi menjadi dua yaitu pelog dan slendro.

6. Tempo
Istilah
Keterangan
Largo
Lambat Sekali
Lento
Lebih Lambat
Adagio
Lambat
Andante
Sedang
Moderato
Sedang Agak Cepat
Allegro
Cepat
Vivace
Lebih Cepat
Presto
Cepat Sekali
Tempo adalah cepat lambatnya suatu lagu yang dinyanyikan. Tabel di samping ini adalah istilah-istilah dalam tempo:








7. Dinamik
Tanda
Dibaca
f
forte
ff
fotissimo
fff
forte fortissimo
mf
mezzo forte
p
piano
pp
pianissimo
ppp
piano pianissimo
mp
mezzo piano
crescendo
decrescendo
Dinamik yaitu keras lembutnya atau kuat lemahnya nada yang dinyanyikan. Tabel di samping ini adalah tanda-tanda dinamik:











8. Timbre
Timbre atau Warna Suara ditentukan oleh sumber bunyi. Suara yang dihasilkan dari alat musik tiup akan berbeda dengan suara yang dihasilkan dari alat musik gesek.

Demikian kedelapan unsur-unsur yang ada dalam musik, semoga bisa berguna bagi teman-teman peselancar dunia maya

3 komentar: